Skip to content

7 Kebiasaan Baik Untuk Mencegah Batuk dan Pilek Pada Anak

Posted in Artikel Kesehatan

Mencegah Batuk dan Pilek Pada AnakĀ  – Penyebab dari batuk dan pilek pada anak ada banyak. Mulai dari anak yang memang belum terlalu pandai dalam menjaga kebersihan, tingkat aktivitas yang memang padat sampai dengan daya tahan tubuh yang berkurang, dan juga ketularan dari penyakit flu dari teman temannya.

Meskipun sering terjadi, orangtua dapat mencegah kondisi batuk dan pilek pada anak ini. Adapun caranya cukup sederhana, yaitu dengan mengikuti Kebiasaan Baik Untuk Mencegah Batuk dan Pilek Pada Anak berikut ini :

Kebiasaan Baik Untuk Mencegah Batuk dan Pilek Pada Anak

1. Mencuci tangan dengan sabun

Jangan pernah bosan untuk menginatkan anak untuk mencuci tangannya menggunakan sabun baik itu sebelum makan, setelah bermain, atau pulang dari sekolah, dan tentunya kita sebagai orang tua juga harus rajin mencuci tangan, terutama sebelum kita menyiapkan makanan bagi anak dan juga setelah berpergian dari luar rumah.

2. Bersih rumah dan isinya

Kegiatan menyapu, mengepel memang menjadi kegiatan harian untuk setiap orang. Akan tetapi menyapu dan mengepel ini tentu tidak cukup. Daniel Frattarelli, seorang pakar sekaligus anggota American Academy of Pediatrics telah menjelaskan dalam bahwasannya kuman ini banyak terdapat pada tempat tempat yang tidak terduga dna juga sering kali kita sentuh. Mislanya pada remote TV, boneka anak dan juga gagang pintu kulkas.

3. Memisahkan gelas, piring dan peralatan makan lainnya

Pada saat Anda sedang sakit, Anda mungkin akan secara sadar telah menggunakan gelas minum yang berbeda dari anggota keluarga lainnya. Lantas bagaimana dengan anak Anda ? Maka ajarkan juga untuk dia menggunakan gelas, piring dan juga peralatan makan lainnya secara terpisah ketika sedang sakit supaya tidak menular keorang orang dirumah.Dan bila perlu gunakan juga label atau bahkan spidol guna menandai peralatan makan dan minum masing masing anggota keluarga.

4. Menyajikan buah buahan setiap hari

Ada banyak diantaranya anak anak yang merasa sangat malas untuk mengkonsumsi buah dengan berbagai alasan. Akan tetapi cukup banyak juga anak anak yang malas buka karena tidak suka, melainkan karena malas mengolahnya. Misalnya saja harus membuka atau mengeluapas kulitnya dan juga membuang bijinya.Untuk lebih memudahkannya Mencegah Batuk dan Pilek Pada Anak, maka Anda bisa memotong menjadi kecil kecil buah tersebut. Tidaklah perlu untuk meminta anak Anda menghabiskannya. Beberapa potong buah saja, apabila dilakukan setiap harinya maka anak akan jauh lebih baik dan sehtr bila dibandingkan dengan makan buah seminggu sekali. dan kuncinya ini adalah dengan membiasakan anak untuk makan buah.

Dan juga pastikan ada variasi buah. Contohnya hari ini adalah mangga, besoknya apel dan seterusnya. Setiap hari buah mempunyai manfaat yang khas. Seperti dengan buah merah seperti semangka dan anggur yang mempunyai lycopene atau sebagai antioksidan guna menangkal efek radikan bebas. Untuk buah buahan yang berwarna jingga dan kuning mempunyai beta karoten yang akan diubah menjadi vitamin A dan bisa menguatkan sistem imun dan bantu menjaga kesehatan mata dan juga kulit.

5. Melepaskan stress bisa mencegah batuk dan pilek pada anak.

Mencegah Batuk dan Pilek Pada Anak bisa dari tingkat stress pada anak. Stress ini tidak hanya buruk bagi kesehtaan jiwa, melainkan juga dapat menghambat kerja sistem kekebalan tubuh pada anak. Mengapa demikian ? Karena saat steress, tubuh akan mengeluarkan banyak hormon kartisol dna adrenalin.Hormon ini dapat membuat napas memburu, jantung ikut bedegup lebih cepat, dan juga tekanan darah yang ikut naik. Kondisi ini tidak baik apabila terjadi secara terus menerus dikarenakan dapat membuat anak lebih mudah untuk terserang penyakit penyebab batuk dan pilek pada anak.

Jadi pastikan Anda untuk selalu memperhatikan gejala stress pada anak yang ikut membantu dalam mengatasinya.

6. Memastikan anak tidur cukup

Tumbuh kembang anak ini diperngaruhi oleh kualitas tidurnya. Tidur yang kurang dan juga tidak berkualitas bisa meningkatkan kelelahan dan juga mengurangi kerja sistem kekebalan tubuh pada anak.Maka dari itu, pastikan anak tidur dengan cukup setiap harinya. Dan jauhkan anak dari hal yang dapat menganggu tidurnya dimalam hari. Misalnya televisi, game, komik dan handphone.

7. Memberikan Asupan Prebiotik

Prebitik ini bida terdapat pada makanan dan minuman yang mana mempunyai banyak sekali bakteri baiknya yang tentunya akan membantu sistem pencernaan dan Mencegah Batuk dan Pilek Pada Anak . Akan tetapi ternyata tidak hanya bermanfaat bagi pencernaan saja, prebitik ini juga akan membantu dalam menstimulasi respon imun pada tubuh dnegna mencegah infeksi jamur hingga mencegah infeksi pada slauran napas anak.Prebiotik ini bahkan ikut mengoptimalkan hormon tiroid yang berperan dalam pengatur tubuh. Prebiotik ini ada pada makanan atau minuman fermentasi baik itu pada tempe, miso, yogurt dna kimchi.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *