Skip to content

Hindari Ini Pantangan Makanan Saat Anak Batuk

Posted in Artikel Kesehatan

Pantangan Makanan Saat Anak Batuk  – Batuk pada anak memang sering untuk terjadi, terlebih ketika anak sedang mengalami flu. Batuk tersebut pada umumnya akan sembuh seiring dengan pulihnya tubuh dari penyakit tersebut. Namun tetap saja, kondisi kesehatan seperti ini akan menggangu setiap aktifitas dan keceriaannya sehari hari.

Tidak hanya itu batuk juga memaksa penderitanya untuk tidak mengkonsumsi makanan atau minuman secara sembarangan atau Pantangan Makanan Saat Anak Batuk. Hal ini guna bantu pengobatan supaya lebih cepat sembuh dari batuk tersebut.

Batuk sendiri memang merupakan cara tubuh guna merespons zat atau benda yang masuk kedalam saluran pernapasan atau pencernaan. Dan kondisi ini juga dapat menjadi salah stau gejala dari suatu penyakit saluran pernapasan tingkat ringan atau berat.

Pantangan Makanan Saat Anak Batuk

Tidak hanya riwayat alergi, polusi udara dan merokok, batuk ini juga bisa menjadi lebih parah apabila penderitanya mengkonsumsi makanan atau minuman yang salah, dan berikut ini merupakan Pantangan Makanan Saat Anak Batuk

  1. Makanan Manis
    Permen yang manis yang beraneka warna ini memang menjadi makanan favorit anak. Tapi jika sedang batuk, sebaiknya jauhkan terlebih dahulu makanan ini darinya. Karena hasil studi yang telah diterbitkan oleh International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology telah menemukan bahwa adanya hubungan antara tingkat konsumsi permen yang tinggi dengan resiko batuk akibat dari alergi.Penyebabnya kandungan gula sederhana dalam permen ini mampu menyebabkan terganggunya kerja sistem kekebalan tubuh. Dan ini juga yang didukung oleh temuan Dr. Julie L. Wei, dokter anak ahli otolaryngologist di Nemours Children’s Hospital in, Orlando, AS seperti dikutip www.foxnews.com. Beliau menemukan, anak yang mengalami batuk malam hari karena mengkonsumsi susu coklat manis sepanjang harinya. Jadi alangkah baiknya jauhkan terlebih dahulu permen dan makananan yang bergula tinggi saat anak Anda batuk.

     

  2. Makanan dan Minuman yang dingin
    Dingin, manis, lembut dan gurih membuat sensasi es krim kala dimakan. Dan pada dasarnya es ini bukanlah penyebab utama dari batuk. Akan tetapi seorang anak yang sedang batuk ini dan diberikan es krim atau air dingin, maka bisa memicu batuk karena suhu dingin atau sangat rendah ini bisa menyebabkan rangsangan alergi dan iritasi. Alergi dan iritasilah yang bisa menyebabkan batuk.Jadi alangkah baiknya ketika anak sedang batuk tidak diberikan es krim terlebih dahulu atau juga minuman dingin lainnya. Karena menurut riset yang dimuat di Journal of Paediatrics and Child Health, salah satu penyakit saluran pernapasan seperti radang tenggorokan juga dapat muncul karena adanya penurunan daya tahan terhadap udara dingin. Dan jika anak sehat boleh saja minum es krim atau es karena ketika masuk dalam mulut es ini akan mengikuti suhu tubuh.
    Gorengan

     

  3. Pantangan
    Makanan Saat Anak Batuk selanjutnya adalah gorengan. Asin,gurih dan renyah yang membuat kerupuk, pisang goreng atau bahkan gorengan lainnya ingin kita makan. Namun taukah Anda bahwa gorengan ini dapat menyebabkan tenggorokan gatal yang merangsang anak batuk. Rasa gatal pada tenggorokan ini juga disebabkan oleh zat akrolein yang bisa hadir dikarenakan proses penggorengan yang sangat panas, yang mana ini ditandai dengan munculnya asap saat menggoreng tadi.Dan hal inilah yang mengakibatkan tenggorokan gatal dan batuk. Jadi saat batuk alangkah baiknya apabila Anda menjauhi makanan gorengan. Dan saat anak batuk sebagai gantinya Anda bisa memberikannya makanan yang dipanggang atau direbus.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *