Skip to content

Resiko Batuk Parah Pada Ibu Hamil

Posted in Uncategorized

Batuk bisa dikatakan sebagai bentuk reflek yang dilakukan tubuh terhadap reaksi dari adanya  suatu benda asing atau virus, yang masuk pada daerah saluran pernapasan seseorang ataupun pada tenggorokan. Benda benda yang masuk pada tenggorokan ataupun saluran pernapasan adalah seperti kuman, lendir serat benda lain yang menyenbabkan infeksi pada saluran pernapasan
obat-batuk-ibu-hamil
Wanita hamil akan mengalami masa perubahan seperti perubahan yang biasanya terjadi adalah melebarnya rongga dada dan perut. Batuk memang terjadi pada ibu hamil yakni pada masa perubahan tersebut  dikarenakan wanita hamil mempunyai kekebalan tubuh yang rendah, dan  biasanya batuk tersebut akan sembuh dengan  sendirinya  atau mengobati batuk dengan mengkonsumsi obat yang aman bagi wanita hamil

Akan tetapi, jika batuk yang terjadi sangat parah dan keras maka dapat menimbulkan tekanan ada rongga perut.Sehingga dengan  spontan akan mengelurkan air kemih dan juga kotoran secara spontan.
Namun bila batuk yang dialami tak kunjung sembuh, tentunya itu akan menyebabkan bahaya bagi ibu hamil serta janin yang ada didalam perutnya.

Resiko batuk parah yang dialami wanita hamil

Resiko batuk parah yang dialami pada wanita hamil memang cukup parah, mulai dari pendarahan sampai keguguran. Apalagi bila wanita hamil tersebut memiliki riwayat seperti pernah mengalami keguguran,  kehamilan kembar, dan sulit hamil karena memiliki riwayat tidak subur,
Resiko batuk pada ibu hamil yang lain adalah ibu hamil akan merasakan berat ketikan bernafas, dan juga akan merasakan sakit pada perut bagian depan.

Rasa sakit dan napas yang sesak tersebut dikarena usia kehamilan wanita hamil tersebut sudah memasuki usia tua kehamilannya. Karena pada usia kandungan tersebut kepala sang bati akan menjorok pada perut bagian bawah. Tekanan kepala calon bayi pada rongga panggul dan tulang kemaluan inilah yang akan menjadikan rasa sakit ketika anda batuk keras dan kuat. Dan jika batuk terus dan berulang-ulang bisa menyebabkan rasa sakit pada ulu hati sang ibu hamil.

Cara Mencegah Batuk Pada Wanita  Hamil

  1. Hindari merokok atau asam rokok pasif
  2. Biasakan pola hidup yang sehat
  3. Usahakan bagi seorang wanita hamil untuk memposisikan tidurnya yaitu miring ke kiri, Sebab perut bagian kiri lebih luas, sehingga bayi dalam kandungan tidak tertekan. 
  4. Biasakan berolahraga kecil, seperti melakukan jalan-jaln dipagi hari , untuk mambantu meningkatkan kinerja paru-paru anda .

Cara Mengatasi Batuk Pada Wanita Hamil

Untuk membantu mengatasi batuk pada ibu hamil, ibu harus mengobatinya berdasarkan penyebabnya. Berikut diantaranya:

  • Apabila batuk pada ibu hamil disebabkan oleh alergi, maka cukup hindari alergi tersebut. Misalkan karena udara yang dingin, pakailah jaket atau baju lain yang tebal dan hangat. Serta makan dan minumlah yang hangat-hangat saja.
  • Jika terjadinya batuk pada ibu hamil karena infeksi, maka minumlah obat batuk yang bisa membantu dalam penyembuhan batuk anda, seperti halnya obat herbal atau obat tradisional yang dirancang berdasarkan ramuaan tradisional, karena obat herbal aman dikonsumsi bagi wnaita hamil .
  • Dan jika batuk pada ibu hamil disebabkan karena terkena iritasi maka anda harus mengobatinya dengan sering meminum air putih dalam keadaan hangat.

Demikianlah sekilas tentang resiko parah pada wanita hamil, bagi anda seorang wanita hamil disarankan untuk selalu menjaga kesehatan anda, karena anda tidak hanya menjaga diri sendiri tetap[i juga menjga calon bagi yang ada disalam perut anda. Bila kini anda terserang batuk yang diakibatkan dari infeksi alangkah sebaiknya anda segera melakukan penyembuhan terhadap batuk tersebut dengan mengkonmsumsi obat herbal yang aman bagi wanita hamil .

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *