Skip to content

Bahaya Menjadi Perokok Pasif, Siap Mengancam Kesehatan

Posted in Artikel Kesehatan

Bahaya Menjadi Perokok Pasif

 Perokok Pasif merupakan seseorang yang tidak merokok secara langsung, namun menghirup asap rokok dari orang-orang yang merokok disekitarnya seperti dilingkunagn kerja maupun dirumah.

Meski tidak merokok secara langsung namun perokok pasif tak kalah lebih berbahaya ketimbang perokok aktif. Perokok pasif bisa turut terkena dampak buruknya dari bahaya merokok, bahkan perokok pasif 3 kali lebih berbahaya daripada perokok aktif.
Makin seseorang terkena asap roko maka semakin tinggi pula resiko gangguan kesehatan yang dialaminya.

peroko pasif

Lantas mengapa seorang perokok pasif 3 kali lipat lebih berbahaya daripad perokok aktif ?
Hal itu dikarenakan karena “mereka menghirup aliran samping (sidestream) dan aliran utama (mainstream). Aliran samping adalah asap rokok yang berasal dari ujng rokok yang terbakar, sedangkan aliran uatam adalah asap roko yang dihisap oleh perokok yang kemudian dihembuskan ke udara. Kandungan asap rokok yang tersebar di uadra yang kemudian diohisap oleh seoarang peroko pasif itulah yang sangat berbahaya

Selain itu juga acun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap. Asap tersebut merupakan hasil dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna. Konsentrasi zat berbahaya di dalam tubuh perokok pasif lebih besar, karena racun yang ia isap lewat hidungnya tidak terfilter,
sedangkan racun rokok dalam tubuh perokok aktif terfilter melalui ujung rokok yang diisap.

Menghirup asap rokok dapat berdampak buruk, baik secara sementara maupun dalam jangka panjang. Terpajan asap rokok dapat langsung menimbulkan gejala seperti mata merah, sakit kepala dan batuk-batuk.

Bahaya Perokok Pasif Pada Orang Dewasa

Pada orang dewasa yang menghirup asap rokok secara pasif dapat meningkatkan seseorang untuk terserang kanker paru-paru sebanyak 25%. Meroko secara pasif juga dapat menyebabkan penyempitan pembnuluh darah. Hal itu menyebabkan seoarang peroko pasif lebih beresiko terkena stroke dan serangan jantung. Denagn terganggunya permbuluh yang mengalirkan darah ke jantung, kinerja jantung pun beresiko terganggu dan bahkan berujung pada gagal jantung.

Bahaya Perokok Pasif Pada Ibu Hamil dan Anak-anak

Wanita yang dalam masa kehamilannya terpajan asap rokok, beresiko lebih tinggi untuk lebih mengalami komplikasi seperti keguguran, lahir mati, dan bayi denagn berat badan dibawah rata-rata.

Sedangkan pada anak-anak yang menghirup asap rokok lebih bersiko terserang kondisi seperti :

  1. Asma.
  2. Pilek.
  3. Infeksi telinga dan sistem pernafasan seperti pneumonia dan bronkitis
  4. Alergi
  5. Meningitis
  6. Sindrom kematian bayi mendadak.

Bukan hanya itu saja, pada anak-anak yang sering menghirup asap rokok dapat mengakibatkan kemampuan akademik anak juga menjadi rendah dibandingakan dengan anak yang tidak terpajan asap rokok.
Dan juga untuk anak yang dibesarkan oleh orang tua yang cenderung suka merokok, kelak nantinya menjadi perokok saat besar nanti. Jadilah contoh yang baik untuk anak anda degan cara berhenti merokok, selain untuk kesehatan anak anda. dengan anda berhenti merokok akan mendatangkan manfaat bagi kesehatan anda sendiri.

Hanya 30 menit tepapar perokok pasif dapat mempernagruhi bagaimana pembuluh darah mengatur aliran darah, untuk tingkat yang sama ednagn yang terlihat pada orang yang merokok.Eksposur jangka panjang untuk perokok pasif dap[at menyebabkan perkembangan aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah)

Dari semua hal diatas, tentunya yang paling peting adalah dengan kita untuk tidak merokok sama sekali, serta jauihilah area yang dipenuhi asap rokok.

Baca Juga Artikel Seru Lainya

Batuk Berdahak Menahun Sebabkan Penyakit Paru paru Kering

 Kenali Jenis – jenis Batuk dan Cara Pengobatannya yang Alami

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *