Skip to content

Mengenal Ciri Batuk yang Disebabkan Asam Lambung

Posted in Artikel Kesehatan

Ciri Batuk yang Disebabkan Asam LambungĀ  Penyakit GERD atau penyakit refluks asam lambung merupakan sebuah kondisi saat cairan asam lambung telah bergerak naik ke kerongkongan. Orang yang mengalami penyakit ini akan sering merasakan sensasi panas dibagian dada dan rasa mulas yang tak tertahankan. Namun dengan terlalu seringnya batuk juga bisa menjadi sebuah pertanda adannya gangguan kesehatan. Dan berikut ini Ciri Batuk yang Disebabkan Asam Lambung

Batuk yang disebabkan Asam Lambung

Ciri Batuk yang Disebabkan Asam Lambung misalnya seseorang mengalami batuk yang tiba tiba atau batuk berkepanjang maka ini bisa disebabkan oleh adanya kadar asam lambung yang melonjak. Dan kondisi ini disebut juga dengan batuk kronis, yaitu batuk yang berlangsung selama lebih 8 minggu atau lebih dan tidak kunjung sembuh.

Dan menurut para peneliti dari University of North Carolina School of Medicine, ada sebanyak 25 persen kejadian batuk kronis yang disebabkan oleh GERD. Bahkan sebanyak 75 persen diantaranya tidak mempunyai Ciri Batuk yang Disebabkan Asam Lambung atuapun gejala penyakit asam lambung sama sekali. Dan inilah sebabnya tidak banyak yang menyadari bahwa batuk yang tidak kunjung sembuh tersebut ternyata disebabkan oleh naiknya asam lambung.

Walaupun demikian, akan tetapi tidak semua kasus batuk kronis ini dijadikan sebagai Ciri Batuk yang Disebabkan Asam Lambung. Pada dasarnya batuk kronis juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan lainnya, seperti asma, infeksi saluran pernapasan, bronkitis akut dan kebiasaan merokok.

Penyebab Sering Batuk Saat Asam Lambung Naik

Meskipun hingga saat ini belum diketahui secara pasti mengapa seseorang ini menjadi lebih sering batuk saat mengalami asam lambung. Namun hal ini diduga disebabkan oleh 2 penyebab, yaitu bentuk refluks saat asam lambung naik telah naik kekerongkongan dan kondisi refluks laringofaring (LPR).

Refluks laringofaring (LPR) ini adalah suatu bentuk refluks saat asam lambung jatuh ke kotak suara atau juga tenggorokan. Dan saat asam lambung ini telah naik, maka tubuh akan mengeluarkan respon tertentu guna melindungi tenggorokan dari naiknya asam lambung. Dan itulah sebabnya Anda menjadi mengalami batuk batuk saat asam lambung Anda naik.

LPR juga disebut sebagai silent refluks atau refluks asam lambung tersembunyi. Dan pasalnya gejalanya ini mirip sekali dengan gejala asam lambung, akan tetapi cenderung tidak menyebab rasa mulas atau juga sensasi berbakar didada dan tenggorokan.

Pada saat asam lambung telah berhasil menyentuh bagian pita suara dan tenggorokan. Maka hal ini bisa memicu adanya gejala seperti lebih sering mengalami batuk, suara yang serak, tenggorokan yang gatal dan mengganjal seperti ada yang tersangkut. Sekecil apapun jumlahnya asam lambung yang telah naik kekerongkongan ini, maka lapisan tenggorokan dan kotak suara Anda bisa dengan mudah untuk teriritasi. Karena itulah, Anda diperlukan untuk berwaspada dengan gejala gejalanya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *