Skip to content

Tips Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Berpuasa

Posted in Artikel Kesehatan

Tips Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Berpuasa  РKurangnya akan konsumsi cairan yang ditambah juga dengan cuaca yang panas membuat seseorang rentang untuk mengalami sakit tenggorokan pada saat bulan puasa. Sakit tenggorokan atau yang disebut dengan faringis umumnya terjadi karena adanya infeksi bakteri atau virus seperti dalam kasus pilek.

Tips Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Berpuasa

Kekebalan tubuh dalam mananggapi sakit tenggorokan baru akan terbentuk pada usia dewasa sehingga penyakit ini umumnya lebih banyak menyerang anak kecil dan juga remaja. Sakit tenggorokan mengakibatkan seorang penderitanya mengalami sulit menelan, namun selain itu penyakit ini juga menimbulkan gejala lain seperti

  • Sakit Kepala
  • Kelenjar yang membesar pada leher
  • Tonsil atau amandel yang bengkak akibat adanya radang
  • Nyeri otot
  • Hidung beringus
  • Dan batuk

Namun gejala yang ditimbulkan dari adanya hal tersebut jangan terlalu dikhawatirkan, tak perlu untuk terburu buru berangkat ke dokter. Karena berikut ini ada beberapa Tips Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Berpuasa  atau cara mudah yang bisa mengatasi sakit tenggorok anda.

Baca Juga : Obat Herbal Batuk Gatal Tenggorokan

Tips Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Berpuasa

  1. Minum Obat Batuk
    Meskipun anda tidak sedang mengalami batuk, namun dengan anda mengkonsumsi obat herbal batuk kering akan membantu anda untuk meredakan rasa sakit pada tenggorokan. Cara ini juga ampuh dalam mencegah akan adanya gejala lain yang ditimbulkan dari sakit tenggorokan seperti batuk kering. Bila obat batuk tersebut anda minum ketika sahur, sebaiknya obat tersebut memiliki kandungan formula tanpa kantuk agar aktifitas anda tidak terganggu.
  2. Kurangi Makanan yang Dirgoreng
    Makanan yang digoreng merupakan musuh utama sakit tenggorokan, maka dari itu kurangi atau berhenti makan makanan yang digoreng meskipun anda tidak dapat menahannya. Dan sebaiknya perbanyak minum air terutama air hangat saat berbuka, malam hari dan pada saat sahur. Air merupakan pengganti cairan tubuh yang paling tepat dalam membantu mengurangi iritasi berlebihan pada sakit tenggorokan.
  3. Konsumsi Sup
    Dari pada anda makan makanan yang digoreng, mengkonsmsi sup hangat saat berbuka puasa atau sahur tentu akan jauh lebih baik. Misalnya sup ayam yang memiliki banyak nutrisi baik unruk membantu melawan infeksi yang terjadi pada tenggorokan Kandungan sodium yang terdapat pada garam atau kaldu memiliki sifat anti inflamasi yang tentunya sangat baik untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan
  4. Berkumur Air Garam
    Saat berbuka atau sahur cobalah utamakan untuk minum air hangat, kemudian selanjutnya berkumur dengan air garam yang hangat. Anda bisa campurkan sesendok teh garam dan satu gelas air hangat. Namun apabila rasa asin sangat mengganggu, maka cobalah untuk menambahkannya sedikit madu kemudian berkumur. Karena beberapa studi telah membuktikan bahwa berkumur menggunakan beberapa kali air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan ditenggorokan dan membantu anda meredakan iritasi karena bakteri yang menimbulkan radang tenggorokan.
  5. Beristirahat
    Beristirahat adalah cara yang paling mudah, murah dan ringan untuk mengatasi sakit tenggorokan saat berpuasa. Usahakan sebentar saja untuk beristirahat disiang hari dan tidur cukup dimalam hari. Dengan anda memastikan tubuh anda tetap terjaga istirahatnya dengan baik, maka dapat membantu anda melawang virus dan penyakit yang ada dalam tubuh terutama saat anda sedang sakit.

Solusi ampuh atasi sakit tenggorokan saat berpuasa dengan teh herbal Clear Lung Tea dari Green World

clear lung tea

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *